Senin, 01 Januari 2018

Inovasi Teknologi Smartphone yang Jadi Tren di 2017

Inovasi Teknologi Smartphone yang Jadi Tren di 2017
Samsung Galaxy Note8. (BeritaSatu Photo/Herman)
Jakarta - Tahun 2017 banyak diwarnai dengan kelahiran ponsel-ponsel terbaru dengan inovasi teknologi terkini. Beberapa inovasi tersebut kemudian menjadi tren, dan mulai diadopsi oleh banyak merek smartphone. Berikut ini inovasi teknologi smartphone yang menjadi tren sepanjang tahun 2017, dan diprediksi akan terus berlanjut hingga tahun depan.

1. Ukuran Layar Penuh
Teknologi FullView Display atau layar penuh mulai banyak diaplikasikan pada ponsel kelas menengah dan flagship, seperti Samsung Galaxy S8, S8+, Oppo F5, Vivo V7+, dan masih banyak lagi. Teknologi di layar smartphone ini membuat tampilan layar menjadi lebih besar dan luas, nyaris tanpa tepian (bezel). Ini membuat penggunanya bisa melihat lebih banyak konten di layar smartphone, namun tetap nyaman saat digenggam.

2. Kamera Ganda
Fitur kamera tetap menjadi poin penting dalam sebuah ponsel. Namun di tahun ini, tren-nya mulai bergeser ke arah pengggunaan kamera dengan lensa ganda. Inovasi tersebut membuat hasil foto dari kamera ponsel nyaris setara dengan kamera DSLR.

3. Artificial Intelligence (AI)
Teknologi kecerdasan buatan atau AI juga mulai diadopsi pada kamera ponsel. Penggunaan AI sudah dimulai oleh Oppo F5. Melalui teknologi tersebut, hasil swafoto dengan efek beauty menjadi lebih personal sesuai dengan jenis kulit, warna, usia, dan juga jenis kelamin dari subjek foto. Hadirnya teknologi ini juga untuk menjawab keluhan utama dari perangkat lunak beautify saat ini, di mana hasil foto seringkali sama untuk semua orang, dan terlihat tidak wajar, bahkan cenderung palsu.

4. Face Access
Fitur Face Access atau sensor pemindai wajah mulai banyak digunakan untuk membuka perangkat yang terkunci, selain dengan kode kunci dan fingerprint.

5. Split Screen
Ponsel keluaran terbaru banyak yang mengadopsi fitur split screen. Fitur ini berfungsi untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus secara berdampingan dalam satu layar.

6. Desain Ponsel Modular
Ponsel dengan konsep lepas-pasang juga mewarnai tahun 2017. Salah satunya yang dihadirkan Moto Z dan Moto Z Play. Desain ini memungkinkan dilakukannya upgrade hardware pada suatu perangkat, seperti baterai, lensa kamera, maupun komponen lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar